Sekolah Angkasa Lanud Abdulrachman Saleh Adakan MPLS

Danlanud Abdulrachman Saleh (Foto: Pentak)

Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyematkan tanda peserta MPLS, Senin, 15/7/2019. (Foto: Pentak)

Sketsanews.com, Malang – Sekolah Menengah Angkasa Lanud Abdulrachman Saleh, Malang menggelar Upacara Pembukaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) untuk siswa-siswi baru tahun ajaran 2019-2020, Senin (16/7).

Upacara pembukaan dilaksanakan di halaman SMP Angkasa Jalan Rogonoto Timur Singosari Kabupaten Malang, dengan inspektur upacara Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Dalam sambutannya Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat menyampaikan, bahwa sesuai kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mulai tahun ajaran baru ini prajurit TNI di berbagai wilayah nusantara dilibatkan dalam kegiatan pengenalan lingkungan sekolah.

“Tujuan bapak-bapak TNI di sekolah adalah berperan sebagai pelatih bagi siswa baru agar para siswanya memiliki karakter nasionalisme dan sikap kedisiplinan diri yang kuat. Sehingga tumbuh rasa cinta tanah air, tumbuh pula semangat belajar dan untuk membela negara,” kata Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Danlanud menambahkan, agar seluruh siswa lebih disiplin agat dapat melaksanakan tugas sebagai siswa.

Baca juga: Danlanud Abdulrachman Saleh Buka Apel Pesiapan Latihan Manuver Angkasa Yudha 2019

“Harapannya siswa lebih berprestasi serta menghindari sikap-sikap tercela seperti malas belajar, membully teman, terlalu banyak main gadget, perkelahian pelajar dan lainnya,” imbuh Danlanud Abdulrachman Saleh.

Lebih lanjut Danlanud mengatakan, melalui program PLS itu diharapkan siswa baru akan memiliki mental yang tangguh, percaya diri, dan tidak mudah terpengaruh terhadap hal-hal yang menyesatkan seperti paham radikal.

Danlanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat memeriksa peserta MPLS, Senin, 15/7/2019. (Foto: Pentak)

“Siswa karakter yang berjiwa merah putih,” ujar Danlanud.

Rencananya PLS akan berlangsung selama dua minggu. Dalam program PLS terdapat beberapa materi pelajaran guna mengenal dan memahami empat pilar kebangsaan Indonesia yaitu Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, Undang Undang Dasar 1945, serta NKRI.

Baca juga: Polri Bekali Siswa Baru di Kota Malang dengan Pemahaman Bahaya Radikalisme

“Kepada bapak dan ibu guru, pengurus yayasan, serta karyawan sekolah, diharapkan kehadiran dari beberapa prajurit TNI sebagai pelatih PLS bagi para siswa baru dapat menjadi partner yang memiliki nilai tambah serta mendukung kegiatan sekolah secara lebih baik,”

Hesly juga mengajak semua pihak untuk melaksanakan tugas masing-masing dengan baik dan benar sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab. “Agar Sekolah Angkasa Lanud Abdulrachman Saleh semakin baik dan maju,” pungkas Danlanud.

Dalam upacara pembukaan PLS itu juga dilaksanakan pemeriksaan pasukan, penyematan tanda peserta MPLS kepada empat perwakilan siswa-siswi SMP dan SMK Angkasa.

Wiwa (15) salah satu peserta MPLS dari Mojokerto mengaku sekolah ke SMK Angkasa Malang karena ingin menjadi anggota TNI.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Angkasa Mayor Tek Zulkifli Efendi, S.T., menjelaskan, pada tahun ajaran 2019/2020 ini terdapat sekitar 253 siswa baru SMK yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Papua, Bali, Surabaya, Kalimantan, Mojokerto, Probolinggo, Lumajang, Blitar dan beberapa kota di Indonesia.

Sedangkan siswa baru pada jenjang SMP Angkasa berjumlah 80 peserta berasal dari wilyah kecamatan Singosari dan sekitarnya.

Turut hadir dalam upacara tersebut Ketua Yasarini Cabang Lanud Abdulrachman Saleh Ny. Cynthia Hesly Paat beserta pengurus, para kepala sekolah Angkasa beserta guru dan staf. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: