Selalu Berdebu, Hampir Terlupakan

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Untuk menghilangkan kejenuhan dalam perjalanan, pengendara mobil terbiasa menghibur diri dengan menghidupkan musik dan akan terdengar suaranya melalui speaker. Perjalanan menjadi tidak membosankan.

Namun kebersihan speaker kurang diperhatikan para pemilik kendaraan roda empat. Padahal, speaker mudah sekali terpapar debu. Hal yang terlihat sepele ini akan berdampak pada fungsi dan kinerja perangkat, akibatnya adalah tak bisa menghasilkan suara jernih.

Ada satu bagian dari speaker yang dipenuhi oleh debu, yakni tweeter, jika tak berlapis jaring debu akan menumpuk di satu sudut.

“Speaker biasanya terserang debu di bagian tweeter. Kalau yang tak berlapis jaring, debu akan menumpuk di satu sudut,” kata Puji Raharjo, mekanik Tunas Bengkel Daihatsu di kawasan Jakarta Timur.

Ketika membersihkan speaker, untuk bagian tweeter diperlukan kehati-hatian karena ada kabel-kabel yang tipis dan mudah putus. “Kalau mau membersihkan bagian itu (tweeter), harus hati-hati. Karena, tweeter di dasbor biasanya mudah lepas. Kabel-kabel yang terhubung juga tipis, jadi rawan putus,” sambungnya.

Membersihkan bagian tweeter ada beberapa cara yang bisa diterapkan, tetapi lebih aman menggunakan penyedot debu ukuran kecil dibandingkan dengan dengan lap untuk menghindari kontak langsung dengan pirantinya. Sedangkan untuk celah-celah yang sulit dijangkau bisa menggunakan kuas.

“Kalau mau membersihkan bagian itu (tweeter), harus hati-hati. Karena, tweeter di dasbor biasanya mudah lepas. Kabel-kabel yang terhubung juga tipis, jadi rawan putus.” tuturnya. (Gs)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: