Semprot Tangki Oli dengan Angin Picu Kotoran Mesin Tersebar

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Ada satu kebiasaan yang acap dilakukan banyak orang saat akan mengganti oli sepeda motor. Yakni menyemprot bagian tangki oli dengan angin bertekanan tinggi.

Cara itu dianggap ampuh untuk mengeluarkan sisa oli lama, membuang sisa-sisa oli yang masih mengendap di ruang mesin dan komponen mesin.

Namun tahukah Anda, kalau cara itu rupanya tak dianjurkan. Sebab, menurut Haris, mekanik dari Federal Oil Center Gemilang Motor, justru memicu kotoran di dalam mesin menjadi tersebar.

“Jika menggunakan semprotan angin dengan kekuatan besar, kotoran-kotoran di dalam mesin justru akan tersebar ke seluruh bagian mesin, apalagi ketika filter oli masih terpasang,” kata Haris.

Haris menganjurkan, apabila ingin melakukan penyemprotan, baiknya tidak dengan angin bertekanan tinggi.

Andaipun melakukan penyemprotan, lepas dulu filter oli sembari membersihkan peranti penyaring kotoran. Atau jika ingin benar-benar aman, jangan lakukan penyemprotan, namun tentu saja membutuhkan waktu yang agak lama untuk memastikan oli benar-benar keluar semua dari ruang mesin.

“Jika kotoran dalam filter oli tersebar, maka kinerja pelumasan tidak akan maksimal. Itu sebabnya pula filter oli yang terbuat dari bahan sejenis kertas memiliki masa pakai agar kotoran yang tersaring tidak bersirkulasi dengan oli. Jika filter terbuat dari bahan metal, ada waktunya membersihkan peranti ini,” katanya. (Gs)

 

sumber : 100kpj

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: