Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, News, Peristiwa Server E-KTP Masih Error, Warga Kembali Kecele

Server E-KTP Masih Error, Warga Kembali Kecele

Petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kudus memberikan informasi ke warga yang hendak melakukan pengurusan e-KTP di Kantor Disdukcapil

Sketsanews.com, Kudus – Sempat error pada Senin (18/6) lalu, kini server e-KTP masih bermasalah. Petugas hingga kemarin belum bisa melayani administrasi kependudukan seperti cetak e-KTP. Akibatnya, banyak warga pulang dengan perasaan kecewa.

Khoirul Anwar, warga Gebog yang sempat mengurus e-KTP pada Senin (18/6) lalu mengaku menyerahkan berkas ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Harapannya, dua hari lagi e-KTP sudah bisa diambil. Sebab tak lama lagi dia akan bertolak ke Bekasi.

”Saya harus ke Bekasi segera. Jadi kalau memang server masih belum bisa, ya terpaksa saya tinggal. Ini bukan berarti saya tidak patuh. Cuma keadaannya memang demikian,” ungkapnya.

Untuk itu dia mengaku akan kembali mengambil e-KTP pada Kamis (21/6). Dengan harapan server sudah berfungsi dan bisa cetak e-KTP.

Kepala Disdukcapil Hendro Martoyo melalui Sekdin Putut Winarno mengatakan, hingga kemarin server masih bermasalah. Tidak jelas masalahnya apa, namun server error dari pusat. Otomatis petugas tidka bisa mengakses data warga. ”Baik perekaman maupun percetakan masih off,” ungkapnya.

Namun, petugas masih bisa melayani administrasi kependudukan lainnya. Misalnya legalisasi atau pembuatan suat keterangan (suket).

Dari data kemarin, ada permohonan suket delapan orang. Sedangkan permohonan legalisasi sekitar 15 orang. ”Sisanya banyak warga yang pulang karena server masih error,” jelasnya.

Untuk data perekaman, hingga saat ini masih sekitar 11 ribu warga yang belum perekaman. Namun dia berharap seperti dikutip dari JawaPos, jumlahnya sedikit berkurang dengan adanya pelayanan saat cuti Lebaran. ”Meski tidak bisa mengurangi seluruhnya. Setidaknya bisa berkurang sedikit. Mengingat sebentar lagi pilkada,” paparnya.

Dia meminta maaf atas masalah ini dan berharap warga bisa datang di hari berikutnya untuk mengurus adminduk. ”Semoga server bisa segera kembali normal,” imbuhnya. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: