Siap-siap! Polisi Sudah Terapkan Tilang Elektronik di Kota Malang

Kasat Lantas Polres Makota, AKP Ari Galang Saputro, S.I.K, didampingi Kasubbag Humas Ipda Ni Made Seruni Marhaeni, S.H

Sketsanews.com, Malang – Bagi masyarakat pengguna jalan di Kota Malang sudah saatnya tertib berlalu lintas. Pasalnya, Polres Malang Kota (Makota) akan segera memberlakukan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau sistem tilang elektronik.

Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polres Makota AKP Ari Galang Saputro pada Selasa, 13/11/2018. Ia mengatakan, bahwa pihaknya akan memantau para pengendara melalui kamera pengawas (CCTV) yang terpasang dibeberapa titik di Kota Malang.

“Nanti kita akan melakukan penindakan dengan rekaman CCTV seperti yang telah dilakukan di Kota-kota besar baik Surabaya ataupun Jakarta”, tegas Galang.

Kasat Lantas juga menjelaskan, dalam uji coba akan dilakukan pada dua titik di Kota Malang yakni di trafic light Hotel Savana dan trafic light Jl. Kaliurang.

Baca juga: Ops Zebra Semeru 2018, Pelanggaran di Kota Malang Menurun 32 Persen

“Minggu ini sudah kita lakukan uji coba di dua titik di Kota Malang. Nantinya seluruh titik di Kota Malang akan kita pasang CCTV’, terang Galang.

Lebih lanjut, Galang mengaku bahwa dengan adanya E-TLE itu merupakan trobosan baru serta akan mempermudah pekerjaan petugas di lapangan. Ia berharap kedepan tidak ada lagi pelanggaran yang dilakukan masyarakat.

“Kedepan tidak lagi menerapkan anggota yang menilang di jalan, kita menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk tertib berlalu lintas. Jadi ada atau tidak ada anggota di lapangan, masyarakat tetap tertib”, tukas Galang.

Pada pelaksanaannya, kepada kendaraan yang melakukan pelanggaran akan direkam oleh kamera CCTV, disorot plat nomornya untuk kemudian dicatat alamatnya. Setelah itu akan dikirimkan surat tilang ke alamat tersebut.

Baca juga: Menteri Agama: Kartu Nikah Bukan Pengganti Buku Nikah

Disinggung soal kesiapan, Satlantas Polres Malang Kota mengaku telah siap beserta dengan SDM nya.

“Sudah jauh-jauh hari disiapkan. Tinggal tarik kabel, pasang CCTV dan siap mulai. Namun untuk dalam waktu dekat ini, masih akan dilakukan sosialisasi kepada masyarakat sembari terus mengembangkan sistem E-TLE ini,” pungkas Kasat Lantas Polres Makota.
(Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: