Siswa Gunakan Smartphone saat Ujian

Foto: Istimewa

Foto: Istimewa

Sketsanews.com, Malang – Beragam inovasi diciptakan untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan ujian sekolah berbasis komputer dan smartphone.

Kalau biasanya hanya dapat mengunakan komputer. Namun, di salah satu madrasah swasta di Kota Malang, justru siswa – siswinya mengerjakan ujian dengan menggunakan komputer dan smartphone.

Puluhan siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah atau MTS Hasyim Asyari Kota Malang, tampak serius dan santai saat mengikuti Ujian Akhir Maarif NU berbasis komputer atau UAMNU BK, yang diselenggarakan pada 4 hingga 13 Maret 2019.

Ujian yang biasanya hanya menggunakan kertas dan komputer, namun untuk tahun ini, siswa dapat mengerjakan ujian dengan menggunakan smartphone atau komputer.

Menurut salah satu peserta ujian, Octavia Laely mengatakan, ia merasa lebih mudah dan lebih percaya diri, jika menggunakan smartphone. Terutama saat mengerjakan soal, ia merasa lebih mudah ingat pelajaran yang pernah ia pelajari. Ia merasa yakin akan meraih nilai yang baik dari UAMNU BK kali ini.

Sementara itu, menurut Wakil Kepala Kurikulum MTS Hasyim Asyari, Ainun Fadhilah mengatakan, menerapkan UAMNU BK smartphone dengan menggunakan aplikasi Sisfo Maarif tak menyulitkan siswanya saat mengerjakan soal ujian.

Ia memastikan bahwa, peserta ujian tidak dapat mencontek maupun mencari jawaban melalui mesin pencari google. “Pasalnya, saat siswa mengerjakan soal ujian melalui aplikasi sisfo maarif, smarphone hanya terhubung ke launcher untuk pistest dan tidak terkoneksi ke internet,” kata Ainun Fadhilah, seperti yang di kutip dari pojokpitu.com.

Penyelenggaraan UAMNU BK tahun ini, pihak sekolah juga menyediakan komputer bagi siswa yang tidak memiliki smatrphone. (Air)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: