Siswa SMA Ini Temukan Warna Paling Disukai Nyamuk DBD

Dua peneliti warna piyama yang lebih disukai nyamuk aedes aegypti. (Foto: Detik,com)

Dua peneliti warna piyama yang lebih disukai nyamuk aedes aegypti. (Foto: Detik.com)

Sketsanews.com, Jakarta – Dua siswa SMAIT Iqra’ Kota Bengkulu melakukan penelitian yang cukup menarik, yakni meneliti warna kesukaan nyamuk demam berdarah dengue (DBD) atau yang disebut aedes aegypti. Keduanya adalah Meutia Tri Lestari dan Mytha Shabira.

Idenya penelitian berangkat dari banyaknya kasus DBD di Kota Bengkulu. Mereka pun membuat ovitrap yang diisi dengan gula merah yang dilarutkan dengan air panas dan menambahkan ragi yang berfungsi untuk merekasikan gula merah agar menghasilkan CO2.

“Nyamuk aedes aegypti ini lebih tertarik sama bau tubuh manusia atau bau yang mengandung CO2 lebih tinggi,” ungkap Meutia di Tangerang, Senin (11/3/2019).

Mereka menyiapkan enam ovitrap dengan diselimuti kain piyama berbagai warna, yaitu hitam, biru, kuning, merah muda, putih dan hijau. Keenam ovitrap diletakkan di ruang tertutup selama 8 jam.

“Lalu kami amati berapa nyamuk yang masuk ke ovitrap tersebut. Nyamuknya tuh hinggap ke ovitrap tersebut. Yang warna hitam itu paling banyak, ada 13 nyamuk,” kata Meutia.

Melansir dari Detik, Meutia menambahkan, warna biru dan merah muda dihinggapi 3 nyamuk, warna hijau dihinggapi 2 nyamuk. Sedangkan warna kuning dan putih tidak dihinggapi satu nyamuk pun.

“Jadi dapat disimpulkan penelitian kami ini nyamuk aedes aegypti lebih tertarik pada warna hitam,” tegasnya.

(Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: