SMP 3 Kabupaten Bekasi Diduga Lakukan Pungli

SMP 3 Tambun, Kabupaten Bekasi.

SMP 3 Tambun, Kabupaten Bekasi.

Sketsanews.com, Bekasi – Orang tua murid Sekolah Menegah Pertama (SMP) Negeri 3 resah lantaran sekolah yang berdiri di Desa Karang Satria Kec Tambun Utara Kabupaten Bekasi tersebut diduga lakukan pungutan liar (pungli).

Berdasarkan penelusuran Thejak, pihak sekolah baru-baru ini menarik iuran siswa sebesar Rp 250 ribu untuk pembangunan MCK dan pembelian meubleur kepada murid kelad VII.

Menyikapi hal ini Lembaga Swadaya Masyarakat Jendela Komunikas (Jeko) berencana melaporkan kasus ini kepada tim Sapu Bersih Punguta Liar (saber pungli).

Ketua Umum LSM JEKO Indra Pardede menuturkan “Ini hanya akal-akalan pihak sekolah untuk melakukan pungutan liar yang harusnya membebaskan siswa dari hal tersebut,” ujarnya, kemarin.

Herman selaku HUmas di SMPN 3 Tambun Utara , membantah bahwa pungutan uang tersebut tidak ada kaitannya dengan pihak sekolah.”Itu sudah menjadi tanggung jawab ketua komite sekolah,” katanya.

Terpisah Forum Studi Mahasiswa Untuk Kemanusiaan dan Demokrasi (FSMKD) berharap tidak ada kasus pungli di lingkungan sekolah lantaran pendidikan merupakan hak dasar yang mesti dilengkapi. ”Dipermendikbud No 75 tahun 2016 sudah khususnya di pasal 12 bahwa komite sekolah baik tidak diperbolehkan meski sudah didiskusikan,” ujar Sekjen FSMKD Hasan Basri.

“Tidak boleh ada pungutan apapun yang memaksa, silahkan kepada siswa untuk membeli atau menolak, jangan ada paksaan,” tegasnya saat dihubungi via telepon seluler.

(Wis/Thejak)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: