Soal Pencabutan Pemblokiran Internet, Wiranto: Sampai Aman

Sketsanews.com, Internet di Papua masih dibatasi oleh pemerintah menyusul pecahnya kerusuhan hebat di Jayapura, Kamis (29/8). Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto mengatakan pemerintah melakukan ini untuk tujuan baik demi keamanan nasional.

“Saya tak ragu-ragu untuk setiap saat melemotkan medsos kalau memang sudah membahayakan kepentingan nasional,” kata Wiranto di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (29/8).

Wiranto menjelaskan, medsos adalah media yang sangat rawan terhadap penyebaran isu-isu hoaks. “Apa kita biarkan provokasi, membakar-bakar masyarakat, menyebarkan berita lewat media sosial? (Pemblokiran internet, Red) Ini bukan tindakan sewenang-wenang, bukan melanggar hukum, tetapi untuk menjaga keamanan nasional, menjaga keutuhan nasional,” tambahnya.

Saat disinggung tenggat waktu pemblokiran internet di Papua, Wiranto tak menjawab secara pasti. “Ya sampai (kondisi, Red) aman,” pungkasnya.

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) memutuskan untuk memblokir akses internet terkait kerusuhan Papua dan Papua Barat. “Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, Kemkominfo memutuskan untuk melakukan pemblokiran sementara layanan data telekomunikasi,” tutur Plt. Kepala Biro Humas Kemkominfo Ferdinandus Setu.

Pemblokiran sudah berlangsung mulai Rabu (21/8). Pencabutan pembatasan internet dilakukan hingga suasana bumi cendrawasih tersebut kembali kondusif dan normal.

Sketsanews.com ❱ Original Source : JawaPos.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: