Sungai Cileungsi Jadi Hitam, Warga Mengeluhkan Bau Menyengat

Sketsanews.com, Bogor – Sungai Cileungsi di Kabupaten Bogor, diduga tercemar. Warna sungai ini menjadi hitam pekat dan menimbulkan bau yang menyengat.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (23/8/2019), warna air Sungai Cileungsi hitam seluruhnya. Saat mencoba melakukan pengamatan dari atas untuk melihat keseluruhan sungai, yakni di Desa Wanaherang-Nagrak, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, air Sungai Cileungsi bewarna hitam pekat. Tidak tampak ada air yang berwarna kecokelatan. Bau yang ditimbulkan dari atas tercium cukup menyengat.

Saat dilihat dari dekat, air sungai betul-betul bewarna hitam pekat. Bau sungai ini sangat menyengat. Terlihat pula ada beberapa sampah plastik yang terbawa arus.

Baca juga: Kali Bekasi Tercemar dari Bogor, Rahmat Effendi Minta RK Turun Tangan
Menurut warga sekitar yang ditemui di sekitaran lokasi, Amir Acep (60), sudah sekitar dua bulan Sungai Cileungsi berwarna kehitaman. Sebelumnya, air di sungai ini masih kecokelatan.

Sungai Cileungsi Jadi Hitam, Warga Mengeluhkan Bau MenyengatFoto: Sungai Cileungsi jadi berwarna hitam dan berbau menyengat (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

“Dari sehabis Lebaran sudah berwarna hitam. Dulu masih bening, warnanya masih cokelat hijau gitu. Sekarang ini selain hitam, juga bau sekali,” katanya, Jumat (23/8/2019).

Amir menambahkan, ekosistem di Sungai Cileungsi terganggu. Diduga tercemar, banyak ikan-ikan yang mati di Sungai Cileungsi.

Warga pun mengaku sulit untuk beraktivitas. Amir mengungkapkan, dia dan warga lainnya kerap menggunakan Sungai Cileungsi untuk mandi dan mencuci.

“Saya itu sama warga lain suka mancing ikan di sungai. Mancing dengan lempar jala buat makan sehari-hari. Tapi semenjak Sungai Cileungsi berwarna hitam, ikan-ikan pada mati. Ikan sapu-sapu, mujair, tawes, dan lainnya, pada mati,” tutur dia.

Amir menduga Sungai Cileungsi jadi hitam karena limbah pabrik. Banyak pabrik, kata dia, yang membuang limbahnya ke Sungai Cileungsi.

“Kalau sepengetahuan saya, pabrik-pabrik pada buang limbahnya ke sungai. Pipa-pipa pembuangan limbahnya kan mengarah ke sungai,” terang dia.

Sketsanews.com ❱ Original Source : detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: