Survei Pemilu ‘Realita atau Rekayasa’, Rektor UIC: Prabowo Menang di Pilpres 2019

Musni Umar. (ft net)

Musni Umar. (ft net)

Sketsanews.com, Jakarta – Banyak pihak yang sudah kehilangan kepercayaan terhadap hasil survei Pilpres 2019 yang dirilis oleh berbagai lembaga. Salah satu yang hilang kepercayaan adalah Rektor Universitas Ibnu Chaldun (UIC), Musni Umar.

“Jujur saya ragu dengan hasil survei yang dipublikasikan oleh banyak lembaga, terutama survei pilpres,” kata Musni Umar saat menjadi pembicara pada dialektika demokrasi bertema ‘Survei Pemilu: Realita atau Rekayasa’ di Media Center DPR, seperti dilansir dari RMOL, Kamis (21/3).

Musni menilai lembaga yang melakukan survei tidak lagi menjaga netralitas, sehingga hasil surveinya menjadi bias dan tidak netral.

Menurutnya, lembaga survei rata-rata tidak mandiri dan dibiayai oleh pemesan.

“Artinya, yang survei itu mengikuti keinginan yang membiayai. Atau bisa juga metodeloginya atau lainnya tidak pas,” katanya.

Lebih lanjut, Musni mengakui pernah melakukan survei dengan caranya sendiri. Survei itu digelar pada Pilpres 2014 lalu yang hasilnya Jokowi menang dan sesuai.

Di Pilpres 2019 ini, Musni kembali melakukan survei yang sama. Hasilnya, memurut dia, pihak yang menang Pilpres 2019 adalah pasangan Prabowo-Sandi.

“Itu saya tulis pada awal Januari, analisis sosiologis Prabowo-Sandi akan memenangkan Pilpres 2019,” pungkasnya. (sdq)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: