Sketsa News
Home Berita Terkini, News Swasembada Sapi Tunggu 10 Tahun Lagi

Swasembada Sapi Tunggu 10 Tahun Lagi

Sketsanews,com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, selama Indonesia belum bisa swasembada daging, maka impor daging sapi itu sebuah keniscayaan.

Jokowi mengatakan melaui kegiatan riset dan penggemukan sapi di PT KAR, diharapkan bisa mewujudkan swasembada daging dalam sepuluh tahun mendatang.

menrsitekdikti-696x375

 

Sebab secara berkelanjutan, nantinya perusahaan swasta dan lembaga penelitian akan memberikan bibit sapi ke masyarakat untuk dikelola. Dia menjelaskan kebutuhan bibit sapi di Indonesia mencapai 2 juta ekor per tahun.

Menristekdikti Muhammad Nasir mengatakan mendapat tugas untuk mengawal target swasembada daging sapi itu. Dia mengatakan proses riset bibit unggul diperkirakan berjalan sampai enam tahun ke depan.

Kemudian memasuki tahun ke delapan sampai ke sepuluh, sapi-sapi hasil pembibitan unggul itu sudah bisa dipanen.

’’Jadi target pemerintah sepuluh tahun lagi atau 2027 Indonesia bisa swsembada daging,’’ tegas Nasir.

Namun dengan catatan program yang sudah berjalan saat ini antara pemerintah dengan swasta seperti PT KAR, harus berjalan terus menurus tanpa putus.

Dia mengatakan riset-riset sapi unggul di negara lain seperti di Jepang, juga berjalan sepuluh tahun sampai ketemu titik swasembada daging.(Dan/Radarlampung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: