Tak Memenuhi Syarat, 38 Bacaleg Partai di Lamongan Dicoret KPU

Kantor KPU Lamongan jalan Basuki Rahmat.

Kantor KPU Lamongan jalan Basuki Rahmat. (Ist) 

Sketsanews.com, Lamongan – Sebanyak 38 bakal calon legislatif (bacaleg) di Lamongan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Putusan ini berdasarkan hasil verifikasi berkas KPU Lamongan.

Ketua KPU Lamongan, Imam Ghozali, Rabu (8/8/2018), mengatakan keseluruhan ada 38 bacaleg yang dinyatakan TMS dari 591 bacaleg yang diajukan oleh 15 parpol di Lamongan. Dari 38 bacaleg yang TMS itu, paling banyak ada Partai Berkarya, yakni 24 bacaleg yang TMS,

Imam menuturkan bacaleg yang dinyatakan TMS tersebut kebanyakan karena tidak memenuhi salah satu persyaratan yang diharuskan atau berkas dinyatakan tidak mencukupi. Beberapa persyaratan tersebut diantaranya, adalah legalisir ijasah terakhir.

“Ada juga TMS karena tidak sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 20/2018,” sambungnya.

Setelah tahapan ini, pihaknya akan segera menetapkan Bacaleg ini menjadi Daftar Caleg Sementara (DCS) untuk kemudian mengumumkannya ke publik.

“Tidak ada tahapan perbaikan lagi, setelah ini akan kami umumkan,” ujarnya.

Melansir dari Surya, sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Lamongan, Toni Wijaya, menambahkan hingga saat ini proses pelaksanaan tahapan verifikasi bacaleg yang dilakukan oleh KPU sudah sesuai dengan aturan.

Termasuk KPU juga sudah melaksanakan rekomendasi Bawaslu Lamongan tentang 2 Bacaleg yang dinyatakan TMS karena tidak sesuai dengan PKPU.
“KPU telah melaksanakan tugasnya dengan baik,” imbuh Toni. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: