Taliban Afghanistan Umumkan Operasi Serangan Musiman

Seorang prajurit AS berpatroli di distrik Achin, provinsi Nangarhar, Afghanistan, 15 April 2017. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

 

Seorang prajurit AS berpatroli di distrik Achin, provinsi Nangarhar, Afghanistan, 15 April 2017. (Foto: AFP/NOORULLAH SHIRZADA)

Sketsanews.com, Kabul: Kelompok militan Taliban mengumumkan operasi serangan musiman ‘spring offensive’ di Afghanistan, Jumat 28 April 2017.

Khusus operasi tahun ini, Taliban akan memfokuskan serangan ke pasukan asing.

“Sasaran utama adalah pasukan asing, infrastruktur militer dan intelijen, serta prajurit-prajurit bayarannya,” ucap Taliban dalam sebuah pernyataan resmi, seperti dikutip Metrotvnews.

“Musuh-musuh kami akan dijadikan target, akan kami serang, bunuh atau tangkap hingga mereka meninggalkan pos terakhir mereka,” lanjut dia.

Operasi Mansouri — diambil dari nama mantan pemimpin yang tewas dalam serangan udara Amerika Serikat pada Mei 2016 — akan menerapkan strategi mulai dari “serangan konvensional hingga gerilya,” ungkap Taliban.

Para pengikut Taliban diserukan untuk melakukan beragam metode operasi, seperti “bom bunuh diri, serangan terkoordinasi dan memengaruhi prajurit atau polisi untuk menyerang rekan mereka sendiri.”

Pengumuman muncul setelah Taliban membunuh lebih dari 100 orang dalam serangan di pangkalan militer Afghanistan utara. Serangan itu adalah yang paling mematikan ke instalasi militer sejak invasi AS pada 2011.

Kementerian Pertahanan Afghanistan mengatakan 135 prajurit tewas dan 64 lainnya terluka dalam serangan tersebut.

(Sh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: