Taliban Batal Berunding dengan Pemerintah Afganistan

Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai

Mantan Presiden Afghanistan, Hamid Karzai

Sketsanews.com, Qatar – Mantan presiden Afghanistan Hamid Karzai menyatakan ia sedih karena dibatalkannya pembicaraan meluas dengan Taliban. Ia menekankan bahwa perdamaian tidak akan mungkin terwujud di tanah airnya, yang telah lebih dari 17 tahun dilanda perang, sebelum warga Afghanistan dari berbagai lapisan masyarakat duduk bersama dan berunding.

Karzai berbicara kepada kantor berita Associated Press sehari setelah tuan rumah Qatar mengumumkan pertemuan yang telah dijadwalkan untuk pembicaraan antara kelompok-kelompok Afghanistan, ditangguhkan tanpa batas setelah perselisihan mengenai siapa yang seharusnya menghadiri pertemuan tersebut.

Dilansir dari VOAIndonesia,  pembicaraan itu seharusnya dimulai hari Jumat (19/4) di Qatar, di mana Taliban memiliki kantor di sana. Pertemuan ini akan menandai untuk pertama kalinya Taliban dan para pejabat pemerintah Kabul duduk bersama. Meskipun Karzai tidak menyalahkan pihak tertentu atas pembatalan itu, ia mendesak Amerika Serikat agar “memberi dorongan untuk membuat pembicaraan itu terselenggara.” (Hw)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: