Taman Nasional Lorentz, Surga Tersembunyi di Tanah Papua

Sketsanews.com – Nama Taman Nasional Lorentz menjadi perbincangan setelah Google Doodle memuatnya hari ini Rabu 4 Desember 2019. Google menggandeng seniman Alyssa Winans untuk menyajikan karikatur pemandangan yang ada di Taman Nasional Lorentz termasuk beragam hewan dan tumbuhan yang ada di sana.

Taman Nasional Lorentz 2019Photo : Doc. Pixgood Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz memang spesial. Dilansir laman wisatapapua, Taman Nasional Lorentz merupakan kawasan hutan lindung terbesar di Asia Tenggara dengan luas 2,35 juta hektare. Di sini terdapat 34 vegetasi dan 29 sistem lahan yang telah teridentifikasi dengan 123 jenis spesies mamalia, yang mana 80 persen mewakili binatang mamalia Irian Jaya.

Ada 34 jenis vegetasi, dan 29 sistem lahan telah diidentifikasi di dalam properti tersebut. Serta sekitar 123 spesies mamalia yang tercatat mewakili 80 persen fauna mamalia Irian Jaya. Mamalia yang tercatat termasuk dua dari tiga monotremes dunia, echidna berekor pendek (Tachyglossus aculeatus), dan echidna (Zaglossus bruijinii) endemik New Guinea.

Selain itu juga merupakan rumah bagi sejumlah besar jenis burung langka dan endemik yang terbatas. Tempat ini memiliki keragaman budaya yang luar biasa, dengan tujuh kelompok etnis, mempertahankan gaya hidup tradisional mereka. Di dataran tinggi tinggal masyarakat termasuk Amungme (Damal), Dani Barat, Dani Lembah Baliem, Moni dan Nduga. Sedangkan di dataran rendah ada Asmat, Kamoro dan Sempan dunia yang tercatat ada di sini.

 

Source : Viva.co.id

2019-12-04 12:50:40

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: