Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Tangkal Serangan ke Pemuka Agama, Mendagri Dorong Kinerja FKUB

Tangkal Serangan ke Pemuka Agama, Mendagri Dorong Kinerja FKUB

Mendagri Tjahjo Kumolo mendorong peningkatan kerja sama FKUB untuk menyikapi sejumlah serangan terhadap pemuka agama yang terjadi di sejumlah daerah baru-baru ini. Foto/SINDOphoto

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong peningkatan kerja sama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) untuk menyikapi sejumlah serangan terhadap pemuka agama yang terjadi di sejumlah daerah baru-baru ini.

“Kami punya kewenangan hanya meningkatkan kinerja FKUB, sudah kita dorong di Kemendagri,” ujar Tjahjo di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Senin (12/2/2018).

Tjahjo mengatakan, pemerintah telah mendiskusikan sejumlah aksi dan motif yang dilakukan para pelaku kekerasan terhadap pemuka agama. Termasuk yang terakhir serangan yang terjadi di Gereja Santa Lidwina Bedog, Sleman, Yogyakarta.

Tak ketinggalan, Kemendagri juga telah mengundang Kepala BNPT Komjen Pol Suhardi Alius untuk memberikan pemaparan kepada para gubernur dan DPRD se-Indonesia tentang daerah mana saja yang rawan jelang pilkada.

“Kapolri sudah terus berjalan dan presiden juga sudah mengingatkan indikasi yang muncul mengenai penganiayaan di sejumlah pesantren dan kemarin di Gereja itu,” kata Tjahjo.

Meski telah mendiskusikan sejumlah penyerangan terhadap pemuka agama, Mendagri belum bisa memastikan penyerangan ini bermotif politik. “Saya belum bisa mendahului. Tapi apapun ancaman dalam rangka konsolidasi demokrasi bisa macam-macam. Bisa ujaran kebencian, berita fitnah atau ancaman teror yang kemarin,” ucap Tjahjo. Dikutip dari SINDOnews.

(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: