Tegaskan Netralitas di Pemilu 2019, Mendagri: ASN Boleh Kampanye Program Kerja

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. (Foto: Istimewa)

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mendorong aparatur sipil negara (ASN) untuk mengampanyekan program kerja di satuan atau wilayah kerjanya. Ia juga menegaskan kewajiban ASN untuk menjaga netralitas terkait pemilu 2019.

“Jadi ada 2 fungsi yang harus dibedakan, untuk fungsi politik dia harus netral. Untuk fungsi ASN yang harus tegak lurus, dia boleh untuk kampanye, tapi kampanye program, bukan kampanye mendukung paslon nomor 1, nomor 2 atau paslon parpol,” kata ujar Tjahjo Kumolo kepada wartawan di kantor Kemendagri, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Menurut Tjahyo, ASN harus mematuhi instruksi pimpinannya, seperti bupati, gubernur, menteri serta presiden. ASN diperbolehkan mensosialisasikan program kerja atau pun sosialisasi regulasi. Namun, untuk kampanye pemilu tidak boleh.

“Tapi kalau untuk kampanye itu dilarang,” tegas Tjahjo.

“ASN punya dua fungsi, dalam konteks Pemilu dia harus netral, ikuti UU, ikuti aturan-aturan yang ada di KPU dan Panwas. Dia nggak boleh ikut kampanye, dia nggak boleh menggunakan aset-aset daerah untuk kampanye, menggerakkan, mengorganisir, nggak boleh,” imbuhnya. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: