Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Headlines Terancam Kekeringan, TNI Buka Mata Air yang Tertimbun Sampah

Terancam Kekeringan, TNI Buka Mata Air yang Tertimbun Sampah

Personel TNI membersihkan mata air di Depok, Jawa Barat. Photo :VIVA.co.id/Zahrul Darmawan

Sketsanews.com, Depok  – Musim kemarau yang melanda sejumlah daerah mulai berdampak di Kota Depok. Imbas dari fenomena alam ini, beberapa wilayah di kota itu pun nyaris mengalami kekeringan. Salah satunya, ialah di kawasan Kecamatan Cimanggis.

Terkait hal tersebut, sejumlah pasukan TNI, akhirnya dikerahkan untuk mencari solusi, sekaligus mengantisipasi masalah ini. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengoptimalkan kembali fungsi situ.

Tak hanya itu, khusus di kawasan Cimanggis, tepatnya di Situ Gadok, pasukan TNI dari Kodam Jaya dan Kodim 0508 Depok, juga berusaha keras mengembalikan fungsi mata air yang berada di area situ atau danau tersebut.

Mata air ini berada tepat di lahan kosong, di bawah Pohon Beringin yang jaraknya hanya beberapa meter dari situ.

Konon, menurut kepercayaan warga sekitar, mata air itu tak pernah kering meski di musim kemarau sekalipun. Namun, sayangnya kondisi mata air yang memiliki kedalaman lebih dari satu meter dan luas sekira lima meter ini kurang terawat karena banyak tumpukan sampah. Pemandangan tak sedap itu juga tak jauh berbeda dengan situ yang berada di dekatnya.

Atas dasar keprihatinan sekaligus sebagai wujud pengabdian pada masyarakat itulah, ratusan personil TNI bersama sejumlah instansi terkait antusias berjibaku mengangkut tumpukan sampah dan lumpur yang mengendap di sekitar situ dan mata air tersebut.

“Ini adalah wujud dari penanggulangan rakyat Kodam Jayakarta dalam rangka HUT ke 73 TNI dengan tujuan memberikan sumbangsih ke masyarakat. Wujudnya kerja bakti berupa membersihkan danau mengangkat sampah, sehingga nanti sumber air ini bisa dipakai masyarakat,” kata Kasdam Jaya Brigjen Suharyanto pada wartawan di lokasi kegiatan,” Sabtu 15 September 2018.

Suharyanto berharap, kegiatan ini bisa menghidupkan kembali mata air yang tadinya tertutup oleh sampah bertahun-tahun, menjadi layak dan dapat difungsikan sebagai mana mestinya.

“Kegiatan serupa juga akan kami lakukan disejumlah titik lainnya,” tutur Suharyanto, didampingi Dandim 0508 Depok, Letkol Iskandar seperti dilansir Vivanews.

Selain berusaha mengembalikan fungsi situ, kegiatan ini juga diisi dengan pembagian sembako dan layanan pengobatan gratis. Alhasil, tenda kesehatan yang didirikan Kodam Jaya pun diserbu warga sekitar.

Sementara itu, Arman salah satu warga setempat mengaku bersyukur dengan aksi bersih-bersih yang dilakukan TNI. Sebab, kata Arman, mata air yang ada di sekitar Situ Gadok sangat dibutuhkan warga sekitar, terlebih disaat musim kemarau seperti ini.

“Dulu airnya jernih, dan memang dari saya kecil air di sana enggak pernah kering. Mata air itu juga yang mengaliri situ di sini,” katanya. (Sh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: