Terinfeksi Parasit, Hidung Pria Ini Mimisan 3 Bulan dan Ada Benjolan

Hidung sang pria ternyata mimisan karena parasit. (Foto: Thinkstock)

Hidung sang pria ternyata mimisan karena parasit. (Foto: Thinkstock)

Sketsanews.com, Jakarta – Mimisan akan menjadi hal yang menakutkan jika terjadi secara terus-menerus. Pria asal New Delhi, India mengalami mimisan selama tiga bulan dan tak kunjung sembuh.

Dikutip dari Detikhealth, pria yang tidak disebutkan namanya itu juga memiliki benjolan merah di hidungnya. Dokter menyebutkan bahwa benjolan seperti tumor itu bisa menyerang tenggorokan, mata, dubur, atau sekitar organ kelamin.

Tanpa pikir panjang, dokter mengangkat benjolan tersebut dan menemukan bahwa pria berusia 27 tahun itu mengidap kondisi Rhinosporidium seeberi, yaitu infeksi terjadi karena parasit yang terbawa di air.

Ternyata pria tersebut terinfeksi parasit yang ditemukannya di kolam saat berenang. Kasus itu pun dilaporkan oleh para dokter dalam laporan kasus yang dipublikasikan di New England Journal of Medicine.

Infeksi seperti ini kerap terjadi di India Selatan, Sri Lanka, dan Argentina, serta beberapa kasus terjadi di Afrika dan Eropa.

Kondisi ini berkembang sangat lambat dalam banyak kasus, dan benjolan dapat tumbuh selama bertahun-tahun sebelum pasien mengalami gejala lainnya.

“Gejala yang khas adalah kemerahan polip (benjolan), umumnya melibatkan rongga hidung, yang berdarah saat disentuh,” kata Pirabu Sakthivel, penulis laporan kasus tersebut.

(Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: