Timnas U-19 Lolos ke Uzbekistan, Masuk Pot 2 Bersama Australia

Sketsanews.com – Prestasi membanggakan kembali ditorehkan timnas Indonesia di level junior. Timnas U-19 Indonesia lolos ke AFC U-19 Championship 2020 di Uzbekistan. Kepastian itu didapat setelah bermain imbang 1-1 melawan Korut U-19 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta (10/11).

Bermain agresif sejak awal, beberapa peluang didapatkan Indonesia U-19. Bahkan pada menit kelima, Serdy Ephyfano nyaris membobol gawang Korut yang dikawal Sin Kwang-guk. Beckham Putra juga punya peluang di menit kesepuluh.

Namun, pada akhir babak pertama, Korut lebih mengambil inisiatif dan Indonesia U-19 yang berbalik tertekan. Alhasil, gawang Ernando malah kebobolan pada menit ke-41 melalui Kim Kwang-chong.

Setelah tertinggal, pada babak kedua intensitas serangan Indonesia meningkat. Dan, gol penyama kedudukan akhirnya datang pada menit ke-60 melalui eksekusi penalti Bagus Kahfi. Hukuman penalti diberikan setelah Bagus dijatuhkan di area terlarang.

Nah, hasil imbang itu saja sudah cukup bagi Indonesia U-19 untuk bermain di AFC U-19 Championship 2020. Sebab, tim asuhan Fakhri Husaini berstatus sebagai juara grup K. Mereka memimpin dengan tujuh poin. Sedangkan Korut berada di runner-up dengan lima poin.

Sebelum melawan Korut, Indonesia U-19 selalu menang atas lawan-lawannya. Mereka menang atas Timor Leste 3-1 (6/11) dan Hongkong 4-0 (8/11). Sedangkan Korut, sempat imbang 1-1 dengan Hongkong (6/11) dan kemudian menang atas Timor Leste 4-0 (8/11).

Melaju ke Piala Asia U-19 2020 bisa menjadi langkah mantap dan modal menuju Piala Dunia U-20 2021 di mana Indonesia tampil sebagai tuan rumah. Bagus Kahfi dkk akan mendapatkan pengalaman berharga bertarung dengan tim terbaik Asia di Uzbekistan.

Di AFC U-19 Championship atau Piala Asia U-19, Indonesia sejatinya punya pengalaman yang menjanjikan. Prestasi terbaik terntunya bisa juara pada 1961. Indonesia juga pernah dua kali jadi runner-up pada 1967 dan 1970. Namun, dalam dua dekade terakhir, prestasi Indonesia meredup dan baru mencuat lagi pada 2018.

Ya, pada 2018 ketika berstatus sebagai tuan rumah, Indonesia mampu lolos hingga perempat final. Langkah Indonesia terhenti oleh Jepang setelah kalah 0-2. Pada tahun itu, Arab Saudi yang keluar sebagai juara setelah mengalahkan Korsel 2-1 di final.

Saat ini, selain Indonesia, tim dari Asia Tenggara yang telah memastikan diri tampil di Uzbekistan adalah Malaysia, Vietnam, dan Laos. Nantinya, Indonesia akan berada dalam pot 2 bersama Tajikistan dan Australia untuk pengundian grup pada AFC U-19 Championship 2020 di Uzbekistan.

▶ Sumber : Jawapos ◀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: