Tinjau Gudang Bulog, Jokowi Sebut Cadangan Beras Melimpah

Presiden Joko Widodo saat meninjau Gudang Bulog Foto : istimewa

Presiden Joko Widodo saat meninjau Gudang Bulog.    Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa stok beras aman dan melimpah saat ini, sehingga harga beras bisa terjaga stabil di pasaran.

Hal ini disampaikan Jokowi saat meninjau ketersediaan beras di Gudang Bulog di Jakarta Timur, Kamis (10/1/2019). Dalam kunjungan kerja ini, Presiden didampingi Menteri Menteri Perdangangan Enggartiasto Lukita, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, dan Direktur Utama Bulog Budi Waseso.

“Stok beras saat ini mencapai 2,1 juta ton. Ini sebuah stok yang besar kalau kita lihat. Dulu, kalau Desember masih setengahnya, sekarang tinggi. Stok beras ini harus kita pakai untuk menjaga agar harga bahan pokok bisa sedikit turun,” ucap Jokowi.

Menurut Jokowi, pihaknya juga memperoleh informasi bahwa harga beras di beberapa tempat mulai stabil. Meski demikian, ia menambahkan, tetap diperlukan operasi pasar untuk menjaga suplai beras.

“Saya mendapatkan informasi dari Bulog di Cipinang, bahwa harga beras trennya turun karena Bulog sudah melakukan operasi pasar. Memberikan suplai untuk kebutuhan masyarakat,” katanya, dikutip dari sindonews.

Jokowi menambahkan, dengan dilakukannya operasi pasar dapat meyakinkan masyarakat bahwa stok beras di Indonesia melimpah. Hal ini juga untuk mencegah permainan harga beras di pasar oleh pihak tidak bertanggung jawab.

“Ya (operasi pasar) memang untuk memberi keyakinan kepada masyarakat. Setiap saat diperlukan, Bulog siap. Karena biasanya kalau stok beras sedikit akan banyak spekulasi di pasar,” tandasnya. (As)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: