Tips Awal Memulai Usaha ala Pendiri Makaroni Ngehe

Sketsanews.com, Jakarta – Membangun usaha sendiri menjadi dambaan banyak orang, tidak terkecuali generasi muda. Namun untuk memulainya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum terjun mendalami industri tertentu.

“Memulai usaha tidak selalu harus yang komoditas yang “wah”. Saya fokus di food and beverages, kadang makanan-makanan yang ada di lingkungan kita sehari-hari itu punya nilai ekonomi yang tinggi,” kata Ali Muharam, founder sekaligus CEO Makaroni Ngehe.

Di usianya yang belum genap 34 tahun, pria asal Tasikmalaya ini telah memiliki 33 outlet yang tersebar di Jabodetabek. Hingga kini omzet Makaroni Ngehe telah mencapai angka miliaran rupiah per bulannya.

Buah manis kesuksesan menjalani usaha camilan ini tidak didapat Ali secara instan. Ada perjuangan keras, tawa, air mata, hingga rasa pantang menyerah yang tertanam dalam jiwanya.

Salah satu kunci memulai usaha adalah peka dengan ‘celah’ untuk menjadikannya sebagai bisnis yang akan dijalankan. Maka dari itu baginya penting untuk menajamkan pikiran dan insting melihat value apa yang bisa dikembangkan.

“Selain itu, harus benar-benar mencintai apa yang kita lakukan. Kalau nggak ada cinta, hanya pengen buka usaha, maka akan sulit,” tambah pria yang merantau ke Jakarta pada 2005 tersebut.

Kekuatan percaya akan kemampuan diri pun tak luput dari pandangan Ali Muharam. Hal tersebut dapat menjadi tahap selanjutnya ketika telah mengetahui konsep usaha apa yang akan dibuka.

“Jalani saja, itu kembali ke orang masing-masing dan nggak bisa bergantung sama orang lain. Kita harus mengeksekusi karena kita terlalu ketergantungan sama orang, sampai kapanpun ketika kita sampai di titik bisnis ini, kita akan menunggu dari orang lain untuk menuju level kedua,” kata Ali.

Sketsanews.com ❱ Original Source : Liputan6.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: