TIps Mengatasi Switch Starter Motor yang Rusak

Foto : istimewa

Foto : istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Bendik starter atau yang sering disebut switch starter merupakan salah satu komponen terpenting di sepeda motor. Sebab, tanpa keberadaanya, proses menyalakan mesin menjadi lebih rumit dan butuh tambahan tenaga. Mengingat, sang pemilik tidak punya pilihan lain, selain menyalakannya menggunakan starter engkol.

Perannya yang vital, membuat peranti tersebut sering digunakan. Sehingga, lebih berpotensi alami kerusakan, atau tak lagi berfungsi optimal. Penyebabnya beragam, mulai dari kurangnya perawatan, hingga ke masalah kelistrikan.

Apabila Anda mengalami masalah terkait, jangan dulu gegabah membawanya ke bengkel. Soalnya, ada cara lain yang lebih mudah dan murah, dengan cara melakukan pengecekan sendiri di rumah.

Melansir laman Wahana Honda, Kamis 11 Juli 2019, yang pertama kali harus Anda lakukan adalah memastikan penyebab kerusakan. Jika alasannya karena komponen tersebut kotor, maka Anda perlu lebih dulu melepaskan tali penghubung yang menjadi jembatan antara kabel elektrik starter dan switch starter.

Jika langkah itu sudah dilalui dengan baik, bongkar komponen tersebut. Setelah terbuka, lakukan pengamplasan di setiap ujung kutub starter. Tujuannya, supaya kotoran yang melakat di bagian itu bisa tersapu dengan bersih.

Selain bagian tadi, Anda juga bisa merenggangkan pegas yang ada di switch starter. Fungsinya, agar performa stater bisa menjadi lebih optimal.

Terakhir, tutup kembali bagian yang dilepaskan tadi menggunakan perangkat solder. Pastikan semuanya sudah terpasang dengan benar. Maka, proses perbaikan switch starter pun telah berakhir. Mudah sekali, kan?. (Yan)

 

sumber : 100kpj

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: