Tol Layang Jakarta-Cikampek Belum Bisa Digunakan untuk Mudik

Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). ( Foto: ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A )

Foto aerial pembangunan konstruksi Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (16/10/2018). ( Foto: ANTARA FOTO / Hafidz Mubarak A )

Sketsanews.com, Jakarta – Tol layang Jakarta-Cikampek belum bisa digunakan pemudik untuk merayakan Lebaran 2019. Hal ini mengingat penyelesaian pekerjaan yang sampai saat ini baru mencapai 70 persen, sedangkan Lebaran dirayakan kurang dari 90 hari lagi.

Pakar Transportasi Djoko Setijowarno memberikan asumsi rata-rata penyelesaian pekerjaan mingguan sekitar satu persen, maka dalam satu bulan empat persen pekerjaan yang bisa diselesaikan. Berdasar asumsi tersebut diperlukan waktu delapan bulan lagi sejak Maret 2019 untuk menuntaskan pembangunan tol layang Jakarta Cikampek.

“Jadi, tol layang Jakarta-Cikampek diperkirakan selesai Desember 2019,” kata Djoko Setijowarno dalam keterangan tertulis, Minggu (3/3/2019)

Menurut Djoko, waktu untuk menyelesaikan proyek terpotong oleh pekerjaan penggantian lajur. selama lima bulan dan proyek tidak berjalan selama dua bulan karena libur panjang akhir pekan, serat libur Lebaran, Natal, dan Tahun Baru. Sehingga proyek yang dimulai Maret 2017 dan ditargetkan selesai dalam waktu 24 bulan itu “waktu efektif untuk menyelesaikan proyek hanya 1,5 tahun saja,” tambah Djoko.

Manghadapi mudik Lebaran, pemerintah diharapkan mulai menyiapkan rekayasa lalu lintas agar publik dapat memilih moda transportasi yang akan digunakan untuk mudik. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: