Trump Harap Korsel-Korut Tidak Cuma Bahas Olimpiade

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Gunung Paektu dalam foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Sabtu (9/12/2017). (KCNA/via REUTERS)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengunjungi Gunung Paektu dalam foto yang dirilis Kantor Berita Pusat Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Sabtu (9/12/2017). (KCNA/via REUTERS)

Sketsanews.com, Camp David – Presiden AS Donald Trump mengharapkan perundingan Korea Utara dan Korea Selatan yang langka terjadi akan membahas masalah lain “di luar Olimpiade” di mana Washington akan bergabung dalam proses itu pada saat yang tepat.

Kedua negara Korea itu berencana menggelar dialog resmi pertama mereka dalam lebih dari dua tahun untuk membahas keikutsertaan Korea Utara dalam Olimpiade Musim Dingin bulan depan di Korea Selatan.

“Saya ingin melihat mereka membahas masalah lain di luar Olimpiade,” kata Trump pada konferensi pers di tempat retret kepresidenan Camp David. “Dan pada saat yang tepat, kami akan bergabung.”

Dilansir dari Antara, rencana dialog itu diumumkan setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un memperingatkan dalam pidato Tahun Barunya bahwa ada tombol nuklir di mejanya, namun juga mengatakan Pyongyang kemungkinan dapat mengirim sebuah tim ke Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, yang dimulai 9 Februari.

Seoul menanggapi dengan tawaran pembicaraan dan pekan ini jalur komunikasi khusus antara dua negara tetangga tersebut kembali digunakan setelah diabaikan selama hampir dua tahun.
Pertemuan itu dijadwalkan berlangsung Selasa di desa gencatan senjata Panmunjom.

(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: