Sketsa News
Home Berita, Berita Terkini, Headlines, Hukum, News Uang Pengganti Korupsi KTP-El Belum Dibayar, KPK Tagih Janji Setnov

Uang Pengganti Korupsi KTP-El Belum Dibayar, KPK Tagih Janji Setnov

Setnov

Sketsanews.com, Jakarta – Sampai saat ini, terpidana korupsi proyek KTP-El, Setya Novanto (Setnov) belum juga melunasi uang pengganti sebesar 7,3 juta dolar AS terkait kasus megakorupsi yang menjeratnya. Eks Ketua DPR RI itu sempat berjanji melunasi uang yang dikorupsinya tersebut dengan cara dicicil ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengingatkan agar Setnov menepati janjinya. “Setya Novanto harus melunasi uang pengganti seperti yang sudah divonis di pengadilan, KPK kembali mengingatkan,” ucap Febri, Rabu (13/6/2018).

Febri mengaku tidak akan pernah lelah apalagi bosan mengigatkan mantan Ketua Umum Partai Golkar itu. Sebab, uang pengganti terkait proyek KTP-El itu sesuai vonis yang dijatuhkan hakim di pengadilan. “Hal itu kami pegang dan tentu akan kami tagih terus,” tandasnya.

Dalam kasus korupsi KTP-El, Setnov baru membayar uang denda perkara korupsi tersebut sebesar Rp500 juta dan uang pengganti Rp5 miliar. Sementara, uang pengganti sebesar 7,3 juta dolar AS belum ia bayar.

Karena putusan perkara Setnov telah inkracht, maka sebagai terpidana wajib bagi pria 62 tahun itu melunasi uang pengganti sesuai isi amar putusan hakim. Sebab jika politikus asal Jawa Barat itu tak membayar uang pengganti kerugian negara, maka mengacu pada Undang-undang Tipikor, aset pribadinya bisa disita dan dilelang untuk menutupi kewajiban pembayaran uang pengganti tersebut, seperti dikutip dari Poskota.

Sebelumnya, Pengadilan Tipikor Jakarta memvonis Setnov 15 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider tiga bulan kurungan. Sebagai terpidana korupsi kasus yang merugikan negara hingga Rp 2,3 triliun itu, Setnov juga dibebani pembayaran uang pengganti kerugian negara sebesar 7,3 juta dolar AS, namun dikurangi Rp5 miliar yang telah diberikan ke penyidik KPK saat proses pemeriksaan perkara. (Ro)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: