UB Gelar Expo Teknologi Pertanian Undang Mahasiswa Mancanegara

International Youth Scientific Seminar and Expo (IYSSE

International Youth Scientific Seminar and Expo (IYSSE) di gedung Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya Malang, Senin, 8/7/2019. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Universitas Brawijaya (UB) menggelar International Youth Scientific Seminar and Expo (IYSSE) 2019. Kegiatan yang digelar di gedung Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) UB itu diikuti oleh negara Malaysia, Tahiland, Jepang, serta Amerika Serikat.

Wakil dekan bidang kemahasiswaan FTP UB, Yusuf Hendrawan, kepada Sketsanews.com menjelaskan, digelarnya expo bersama 4 negara lain itu guna bertukar pengetahuan dan pengalaman dalam bidang teknologi pertanian.

Menurutnya teknologi pertanian merupakan ilmu terapan, yang sudah selayaknya dapat menghadirkan inovasi baru.

“Jadi tidak ada penelitian yang selesai hanya sampai di buku dan disimpan di perpustakaan saja, tapi harus bisa diwujudkan dalam bentuk produk yang bisa dikomersilkan,” kata Yusuf saat ditemui Sketsanews.com seusai membuka seminar IYSSE, Senin 8/7/2019.

Baca juga: UB Menjadi Universitas dengan Peminat Terbanyak dalam SBMPTN 2019

Selain menghadirkan temuan-temuan milik mahasiswa UB, pihaknya juga menghadirkan karya mahasiswa mancanegara.

“Kita mengundang mereka untuk bertukar pengetahuan. Jadi mereka sifatnya hanya presentasi saja, kalau suruh bawa alatnya tidak memungkinkan karena jarak yang cukup jauh. Beda dengan kita,” ucapnya.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FTP UB, Yusuf Hendrawa. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Yusuf mengaku, saat ini sudah ada beberapa inovasi dari mahasiswa FTP UB yang masuk dalam program Calon Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT). Bakhkan akan didanai Dikti senilai Rp200 juta.

Selain itu ada inovasi yang masuk Pengusaha Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) yang nantinya akan didanai Dikti sebesar Rp400 juta.

“Oleh karenanya dengan digelarnya IYSSE kami ingin memperkenalkan berbagai inovasi mahasiswa FTP UB kepada dunia melalui mahasiswa asing dari berbagai negara yang hadir dalam acara ini,” ucapnya.

Baca juga: Sambut Revolusi Industri 4.0, UB Gelar Pelatihan Talenta Digital

Lebih lanjut Yusuf menjelaskan bahwa IYSSE sendiri merupakan sebuah ajang yang mempertemukan mahasiswa-mahasiswa inovator dari mancanegara.

“Jadi di sini mereka saling bertukar pengetahuan dengan mempresentasikan hasil penelitian dari negaranya masing-masing. Agar bisa menjadi pembelajaran yang baik bagi mahasiswa FTP UB dan juga menjadi pembelajaran bagi mahasiswa asing supaya mereka paham bahwa mahasiswa kami produktif dan punya inovasi,” tegasnya.

Wakil Dekan bidqang Kemahasiswaan FTP UB itu berharap melalui kegiatan IYSSE itu, mahasiswa dapat saling berkolaborasi dengan institusi di luar negeri untuk bisa saling berbagi tentang inovasi produk.

“Nanti mahasiswa luat negeri ini akan mendatangi expo hasil inovasi mahasiwa FTP. Disana mereka akan memberikan masukan kira-kira yang kurang dari inovasi mahasiswa kami apa sehingga bisa di sempurnakan agar standarnya bisa disukai oleh pasar luar negeri,” tukas Yusuf. (Lis/Slk)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: