UB Luluskan Insinyur Angkatan Pertama

(Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

20 mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) jalani wisuda dan diambil Sumpah Insinyur, Kamis, 4/4/2019. (Foto: Imam Muchlis/Sketsanews.com)

Sketsanews.com, Malang – Sebanyak 20 mahasiswa Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI), Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (FTUB) jalani wisuda dan diambil Sumpah Insinyur. Hal ini dilakukan setelah melalui asesmen pada tanggal 18-19 Desember 2018 yang lalu.

Wisudawan kali ini merupakan angkatan pertama dari PSPPI FTUB yang juga merupakan pimpinan fakultas serta jurusan di lingkungan Fakultas Teknik. Dengan prosesi wisuda dan sumpah ini, ke-20 alumni tersebut telah resmi untuk menyandang gelar Insinyur (Ir.).

Prosesi wisuda dan Sumpah Insinyur ini dihadiri oleh Rektor Universitas Brawijaya. Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS, dan Ketua Umum Persatuan Insinyur Indonesia (PII), Dr. Ir. Heru Dewanto, M.Sc (Eng), IPU. Keduanya juga menandatangani MoU tanda kerjasama UB utamanya Fakultas Teknik dengan PII.

Program PSPPI ini merupakan Program Studi yang dimandatkan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi kepada 40 Perguruan Tinggi di Indonesia dalam rangka percepatan Insinyur di Indonesia.

“Jumlah insinyur di Indonesia ini masih kalah jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura. Oleh karena itu PII sangat mendukung program ini demi menciptakan insinyur yang berdaya saing dan memberi nilai tambah yang tinggi bagi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa,” ungkap Dr. Heru, kemarin.

Sesuai dengan UU Nomor 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran, Insinyur adalah gelar yang diberikan oleh Perguruan Tinggi bagi lulusan setelah mengikuti pendidikan profesi Pasca S1.
Dijelaskan, gelar Insinyur ini menjadi penting bagi para praktisi keinsinyuran, karena pasal 10 menyebutkan, bahwa setiap Insinyur yang akan melakukan Praktik Keinsinyuran di Indonesia harus memiliki Surat Tanda Registrasi Insinyur,” imbuhnya.

PSPPI FTUB sendiri mulai dibuka pada Semester Ganjil 2018/2019. Hingga saat ini telah tercatat lebih dari 40 orang yang telah mendaftar pada PSPPI FTUB.

“Kedepannya PSPPI FTUB akan terus menjalin kerjasama dengan industri yang bergerak dalam bidang keinsinyuran dalam rangka meningkatkan profesionalisme Insinyur ini,” ungkap Ketua PSPPI FTUB, Ir. Ludfi Djakfar, MSCE Ph.D. (Lis)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: