UNBK di Daerah Bencana, Mendikbud: Semua Siswa Bisa Mengikuti

Mendikbud Muhadjir Effendi.

Mendikbud Muhadjir Effendi (istimewa)

Sketsanews.com, Sleman – Semua siswa di daerah yang terdampak bencana dapat mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dimulai Senin (25/3/2019).

Penegasan tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendi, di Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Yogyakarta, Senin (25/3/2019). “Setahu saya semuanya ikut,” ujarnya.

Muhadjir mengaku, pihaknya belum melakukan pengecekan secara pasti terhadap pelaksanaan UNBK di seluruh daerah terdampak bencana. Namun, berdasarkan informasi yang ia terima, belum ada laporan siswa yang tidak dapat mengikuti UNBK karena terdampak bencana.

Ia menuturkan, jika memang ditemukan siswa yang tidak dapat mengikuti ujian, pihaknya akan memberikan tambahan hari pelaksanaan UNBK. “Jika memang diharuskan maka akan dilakukan. Iya, luwes saja,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, sekolah di daerah terkena bencana bisa ikut UNBK semua. Karena yang terkena banjir sekolahnya, sedang alat komputernya tidak terkena banjir.

“Semua siswa yang terdampak banjir dan longsor di DIY dapat mengikuti UNBK. Baik di Bantul, Kulon Progo maupun Gunungkidul,” ujar Baskara.

Perlu diketahui, Hari ini, Senin (25/3/2019) seluruh SMK se Indonesia serentak melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hari pertama pelaksanaan ujian diwarnai keterlambatan munculnya token saat log in disebabkan  server soal ujian diakses secara bersamaan di seluruh Indonesia sehingga membutuhkan waktu 10 sampai 15 menit untuk membuka server cadangan. (Ad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: