Untuk Benahi 1.037 Pasar, Kemendag Gelontorkan Rp 1,1 Triliun

Foto: is3timewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Kementerian Perdagangan menggelontorkan anggaran Rp1,1 triliun untuk membenahi pasar tahun ini. Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Tjahya Widayanti mengatakan anggaran tersebut digunakan untuk melanjutkan program revitalisasi pasar yang dilaksanakan pemerintah beberapa tahun belakangan ini.

Pada 2018, revitalisasi sudah dilakukan terhadap 1.545 pasar rakyat. Pada 2017, revitalisasi dilakukan terhadap 851 pasar.

Pada 2016, revitalisasi dilakukan terhadap 793 pasar rakyat dan 2015 terhadap 1.023. “Untuk tahun ini targetnya 1.037,” katanya seperti yang dikutip dari CNNIndonesia, Rabu (20/2).

Tjahya menjelaskan revitalisasi pasar dilakukan untuk memperkuat peran pasar rakyat dalam perekonomian suatu daerah.

Revitalisasi dilakukan untuk melaksanakan mandat Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan.

Tjahya mengatakan selain melakukan revitalisasi tersebut, Kementerian Perdagangan juga memiliki program pemberdayaan pasar rakyat. Kegiatan yang masuk ke dalam program tersebut salah satunya, pelatihan bagi pengelolaan pasar rakyat.

“Pemberdayaan pasar ini kami lakukan agar pasar jadi nyaman dikunjungi sehingga yang berkunjung juga meningkat,” katanya. (Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: