Usulan Menteri Iluni UI Justru Menghina Nama Besar Alumni

 

Sketsanews.com –  Surat rekomendasi nama-nama menteri usulan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) menuai kecaman dari sesama alumni jaket kuning.

Dalam surat yang beredar di media sosial, Iluni UI mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo para 30 September lalu. Dalam surat tersebut Iluni UI mengusulkan 14 nama menteri yang berasal dari alumni UI.

Di antaranya mengusulkan nama Sri Mulyani untuk menjabat sebagai Menteri Keuangan lagi. Selain itu, ada juga usulan nama baru seperti Dito Ariotedjo sebagai Menpora.

Alumni FTUI angkatan ’99, Matnoer menilai surat usulan tersebut justru menghinakan nama besar alumni UI. Sebab ada prinsip yang harus dipegang para alumni, yaitu veritas atau kejujuran, probitas atau kebenaran, dan justitia atau keadilan.

“Bukan berdasarkan kekuasaan, nepotisme dan cinta jabatan,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Kamis (17/10).

Surat rekomendasi yang beredar itu, menurutnya, telah melanggar prinsip Iluni UI yang seharusnya tidak impartial. Sebab, alumni UI seharusnya menggunakan politik negara sebagai yang utama. Bukan, melihat politik dari lulusan mana, tapi harus dilihat dari kompetensi dan integritas.

“Iluni UI harusnya berdiri atas tiga prinsip tersebut yang menjadi partner intelektual yang seimbang. Bukan jadi timses calon-calon tertentu. Nama-nama tersebut juga tidak melalui mekanisme penjaringan yang memadai,” tegasnya.

“Iluni UI harus mengusulkan orang-orang sesuai dengan kompetensinya, meski mereka tidak pernah berkuliah di UI atau kampus lainnya,” tutup Matnoer. []

▶ Sumber : Rmol ◀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: