Wajah Lama Dominasi Bacaleg Kota dan Provinsi

Gedung KPU RI (Foto: Istimewa)

Sketsanews.com, Bandar Lampung – Bakal calon angota legislatif untuk tingkat Kota Bandar Lampung dan Provinsi sebagian besar masih didominiasi wajah-wajah lama.

Mayoritas caleg petahana yang daftar di KPU Kota dan Provinsi merupakan wajah lama, meskipun ada juga beberapa mantan pejabat yang juga maju sebagai caleg.

Di PDIP misalnya dari 10 wakil rakyat yang duduk di DPRD Kota semuanya kembali maju menjadi caleg di tingkat Kota Bandar Lampung. Selain caleg petahana di PDIP juga diisi sejumlah mantan pejabat pemkot Bandar Lampung diantaranya Cik Raden yang maju untuk DPRD Lampung.

Kemudian Aksa Djamili, dan Dedy Amrullah yang maju untuk caleg DPRD Kota Bandar Lampung. Selanjutnya di Partai Amanat Nasional (PAN) dari tujuh wakilnya di DPRD, enamnya kembali mendaftar sebagai wakil rakyat tingkat Kota.

Kemudian di Gerindra Kota dari lima wakil rakyatnya di DPRD Kota kesemuanya kembali maju di DPRD Kota. Sedangkan beberapa partai lainnya seperti PKS, Demokrat, beberapa calegnya ada yang naik kelas maju tingkat Provinsi dan DPR RI.

Sebut saja Nandang Hendrawan wakil Ketua DPRD Kota dari PKS maju ke Provinsi, kemudian Ernita anggota DPRD Kota asal Demokrat maju ke DPR RI, selanjutnya di PAN ada Yusirwan yang maju di tingkat Provinsi Lampung.

Ketua DPC PDIP Kota Bandar Lampung Wiyadi mengatakan semua anggota DPRD Kota dari PDIP kembali maju sebagai caleg. Dan beberapanya sudah ada yang dua periode.

“Semua anggota DPRD Kota asal PDIP kembali maju, karena tidak ada larangan maju kembali, kecuali tersangkut masalah yang diatur UU,” tukas Wiyadi, seperti dikutip dari TribunLampung.

Wiyadi mengatakan komitmen partainya tidak mencalonkan orang-orang yang bermasalah karena tersangkut pidana korupsi, bandar narkoba maupun pelaku kejahatan seksual terhadap anak, sesuai yang diatur dalam UU.

Selain muka-muka lama, ada juga mantan anggota DPRD Kota periode 2009-2014 yang kembali maju menjadi bacaleg. Misalnya di partai Demokrat ada Budiman As mantan Ketua DPRD Kota Bandar Lampung yang maju untuk caleg Provinsi Lampung dan Syarifah yang kembali maju untuk caleg DPRD Kota, dan Endang Asnawi mantan anggota DPRD dari Demokrat periode 2009 -2014, yang kini menjad caleg PDIP Kota.

Budiman As mengatakan ia kembali maju menjadi caleg DPRD Provinsi Lampung dapil Bandar Lampung. “Kalau dulu saya di Kota, pileg ini saya maju di provinsi, kalau di kota kan saya sudah pernah jadi ketua DPRD, jadi harus naik kelas dong,” pungkas Budiman AS. (Im)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: