Wajib Tau! Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Sketsanews.com – Saat ini memang banyak sekali minuman paling aneh di dunia. Walaupun terbuat dari bahan yang tidak semestinya tapi tetap saja dikomsumsi oleh beberapa orang. Padahal tersebut bisa saja membahayakan jika memang bahan yang digunakan bukan untuk dikomsumsi.

Sama halnya dengan minuman bersoda. Karena, banyak sekali dampak berbahaya jika keseringan minum yang bersoda, seperti bisa mengganggu pencernaan. Apalagi kalau ditambah menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah.

Tapi, kalau menggunakan es batu dari air matang masih sedikit aman gaes. Nah, supaya gak salah minum, berikut ini beberapa perbedaan antara es batu matang dan mentah yang jarang diketahui!

Banyak yang Gak Tau! Ini Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Buat kamu yang sering gadoi es batu juga wajib tau nih! Perbedaan antara es batu yang terbuat dari air matang dan mentah berikut ini!

1. Es Batu dari Air Matang Warnya Sebening Kristal

Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Es Batu dari Air Matang Warnya Sebening Kristal

Perbedaan yang pertama adalah terletak pada warnanya. Yups, untuk es batu yang terbuat dari air matang akan memiliki warna yang benih. Bahkan saking beningnya seperti kristal gaes.

Hal ini disebabkan karena air yang mengikat udara dalam molekul-molekulnya. Sehingga saat proses pembekuan molekul udara tersebut yang terperangkap di dalam es batu tidak terlalu banyak dan menyebabkan es batu berwana bening dan jernih.

2. Es Batu dari Air Mentah Warnya Keruh

Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Es Batu dari Air Mentah Warnya Keruh

Sedangkan, untuk es batu yang terbuat dari air mentah warnanya akan cenderung lebih keruh atau bahkan terlihat tidak begitu bersih. Karena, air mentah terdapat beberapa kotoran kecil yang terjebak saat proses pembekuan.

Nah, kalau air mentah ini molekul udara yang dilepaskan air justru malah terperangkap dan membentuk gelembung yang membuat es batu jadi begitu keruh gaes.

3. Es Batu dari Air Mentah Mengandung Bakteri

Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Es Batu dari Air Mentah Mengandung Bakteri

Berikutnya, perbedaan es batu dari air matang dan mentah adalah ternyata kalau es batu yang terbuat dari air mentah mengandung bakteri loh gaes. Adapun bakteri yang terkandung adalah escherichia coli.

Nah, bakteri tersebut bisa menyebabkan sistem pencernaan menjadi terganggu. Contohnya seperti diare, gagal ginjal, membuat perut jadi cepat sakit dan lain sebagainya. Hal ini disebabkan karena es batu mentah mengandung bahan yang kotor.

Selain itu, es batu mentah juga bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi mudah lemah karena dehidrasi yang ditimbulkan dari bakteri tersebut. Jika sudah menyerang ginjal kamu perlu waspada loh gaes, bahkan kamu harus siasati dengan makanan yang bisa membuat ginjal sehat.

4. Es Batu dari Air Mentah Sebenarnya untuk Pengawet Makanan

Perbedaan Antara Es Batu Matang dan Mentah

Es Batu dari Air Mentah Sebenarnya untuk Pengawet Makanan

Selanjutnya, perbedaan es batu dari air matang dan mentah adalah kalau ternyata es batu yang terbuat dari air mentah sebenarnya digunakan untuk mengawetkan makanan. Hal ini disebabkan karena es batu untuk mengawetkan makanan membutuhkan es batu yang banyak.

Jadi, tidak memungkinkan untuk memasak air terlebih dahulu dalam jumlah yang banyak. Oleh sebab itu, kamu harus berhati-hati ya gaes dalam mengkomsumsi es batu dalam bentuk balok yang biasa di pinggir jalan. Karena, es batu tersebut memang bukan untuk dikomsumsi.

Source : tipspintar.com

2019-11-19 22:15:02

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: