Warga Yaman Tolak Penempatan Pasukan UEA di Socotra

Socotra, pulau di Yaman yang dijadikan pangkalan militer AS

Socotra, pulau di Yaman yang dijadikan pangkalan militer AS

Sketsanews.com, Sanaa – Uni Emirat Arab (UEA) telah mengirimkan 100 orang pasukan tentara ke Pulau Socotra. Pasukan tersebut disebarkan ke wilayah yang telah ditetapkan sebagai situs warisan dunia.

Penempatan pasukan UEA ini membuat rakyat Yaman protes dan berunjuk rasa. Mereka ingin tentara tersebut ditarik dari wilayah tersebut.

Dilansir dari Republika, Kamis (3/5), UEA secara ilegal menyebarkan pasukan tersebut pada Rabu (2/5). Menurut warga setempat, tindakan menyebar pasukan sebagai bentuk intimidasi pejabat dari pemerintah Yaman yang telah diakui dunia.

Ratusan warga Yaman meneriakkan slogan dukungan kepada Presiden Abed Rabbo Mansour Hadi. Mereka bersatu untuk mengusir pasukan UEA di Pulau Socotra.

UAE telah mengonfirmasi bahwa pasukan yang mereka kirim untuk melindungi pulau Socotra. Mereka mengklaim pulau tersebut sudah berdekatan dengan wilayah UAE selama bertahun-tahun.

Beberapa bendera UAE juga sudah terpampang di pulau tersebut. Jelas hal itu membuat warga Yaman semakin naik pitam.

Pulau Socotra terletak di timur Afrika Laut Arab. Pulau yang memiliki flora dan fauna yang unik itu telah dikelola Yaman selama dua abad terakhir.

(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: