Waspadai 9 Tanda Awal Penyakit Darah Tinggi Paling Sering Terjadi !

Ilustrasi/Net

Sketsanews.com – Tekanan darah tinggi memang merupakan sebuah kondisi yang umum, namun bila keadaannya tidak segera ditangani dengan benar, maka darah tinggi bisa berujung pada penyakit kronis lainnya. Oleh karena itu, walau terlihat sebagai suatu hal sepele, penting untuk mengenali gejala awalnya supaya bisa menangani secara benar.

Tekanan darah sendiri dapat dipengaruhi oleh berbagai macam kondisi, termasuk juga riwayat kesehatan keluarga dan juga faktor pertambahan usia. Namun kurang olahraga, obesitas, serta asupan makanan yang kurang sehat ditambah kebiasaan merokok dan minum minuman mengandung alkohol berlebihan kerap jadi pemicu naiknya tekanan darah. Inilah tanda-tanda awal penyakit darah tinggi paling umum untuk Anda waspadai.

Pusing

Pusing pada dasarnya merupakan kondisi di mana Anda merasakan efek seperti melayang karena kepala yang terasa ringan. Pada umumnya, tekanan darah tinggi menimbulkan keluhan seperti ini di awal dan sebaiknya jika Anda mulai mengalaminya apalagi terlalu sering, jangan coba-coba sepelekan. Bahkan sering pusing bisa menjadi pertanda awal dari penyakit stroke juga.

Sakit Kepala

Sepintas memang kita kerap menganggap bahwa sakit kepala dan pusing adalah hal yang sama, namun sebenarnya sangatlah mirip. Ketika mengalami darah tinggi, di mana angka tekanan darah melebihi 180/110 mmHg, biasanya kepala bisa saja merasakan denyutan (berbeda dari kondisi kepala ringan dan melayang).

Jika tekanan darah tinggi atau hipertensi Anda masih dalam tahap ringan, sakit kepala biasanya tidak dialami. Namun sewaktu tekanan darah mengalami lonjakan, otomatis Anda akan cukup sering sakit kepala sehingga tak nyaman ketika harus melakukan berbagai aktivitas harian. Kondisi seperti ini sudah lebih serius dan sebaiknya tidak dianggap ringan.

Mimisan

Di tahap awal hipertensi, biasanya pada beberapa kasus penderita juga bisa mengalami mimisan, atau sebuah kondisi di mana keluarnya darah mengalir dari dalam hidung. Mimisan ini terjadi secara mendadak dan pada umumnya agak sulit untuk menghentikannya. Segera ke dokter apabila Anda sering pusing, sakit kepala, ditambah dengan kondisi perdarahan dari hidung.

Cepat Lelah

Tubuh seorang penderita penyakit hipertensi di awal akan sering merasa kelelahan atau bahkan mudah lelah. Apabila Anda sudah cukup sering mengalami kepala melayang, sakit kepala, ditambah pernah mimisan dan akhirnya merasakan pula tubuh lemas serta letih dan lesu, segera ke dokter untuk mengecek kadar tekanan darah.

Wajah Memerah

Wajah yang kemerahan pun biasanya menjadi tanda awal yang cukup umum pada penderita penyakit darah tinggi. Ketika terjadi lonjakan tekanan darah, ada kemungkinan bahwa hipertensi telah mengakibatkan adanya darah beku pada area wajah, yang bahkan bisa sampai ke mata (munculnya titik darah di sana).

Jika Anda memiliki keluhan gejala awal hipertensi lainnya, jangan ragu lagi untuk ke dokter dan memeriksakan diri setelah muka sering memerah apalagi di dalam mata ada titik darah. Pemeriksaan tekanan darah harus segera dilakukan sebelum dokter kemudian baru bisa memberikan solusi perawatan yang sesuai dengan kondisi hipertensi dilihat dari tingkat keparahannya.

Mual Disertai Muntah

Tanda awal dari penyakit darah tinggi biasanya juga berupa rasa mual di perut yang terkadang disertai pula dengan muntah-muntah. Mual memang kerap dikaitkan dengan gangguan pencernaan pada lambung atau bahkan masalah keracunan makanan, tapi sebelum memutuskan kondisi Anda, lihat juga apakah ada keluhan lain yang Anda rasakan.

Nafas Pendek

Nafas pendek-pendek merupakan gejala awal lainnya yang kerap menyertai serangkaian keluhan yang sudah disebutkan sebelumnya, walaupun tidaklah selalu terjadi pada penderita hipertensi. Biasanya, nafas pendek alias sesak nafas terjadi mengikuti rasa mual dan muntah sehingga penderita bisa membedakan mual dan muntah karena hipertensi atau karena penyakit lainnya.

Pandangan Buram

Penyakit darah tinggi juga kerap diawali dengan tanda penglihatan yang kurang maksimal, seperti misalnya kondisi pandangan yang kabur. Mungkin pandangan kabur saja tidak selalu terkait hipertensi, maka Anda harus juga tetap melihat adakah keluhan lain di atas yang juga Anda alami, atau segera ke dokter untuk mengecek tekanan darah.

Mati Rasa

Selain menjadi gejala stroke awal, mati rasa atau rasa kesemutan pada beberapa bagian tubuh tertentu yang terjadi terlalu sering sebenarnya dapat merujuk pada kondisi tekanan darah tinggi. Apabila Anda sudah mulai sering mengalaminya, segera ke dokter untuk melihat seberapa tinggi tekanan darah Anda saat ini.

Itu dia sejumlah tanda awal penyakit darah tinggi yang mungkin terlihat umum dan dapat menjadi gejala awal penyakit lain. Namun bila beberapa tanda awal tersebut menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi diri Anda sendiri, periksakan ke dokter supaya mampu mencegah tekanan darah makin tinggi dan sebelum berbagai komplikasi berbahaya terjadi pada kesehatan Anda.

 

(in/halosehat)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: