WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger ‘Merger’ di 2020

Foto: istimewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Rencana integrasi layanan WhatsApp, Instagram, dan Facebook Messenger yang diungkap CEO Facebook Mark Zuckerberg membuat heboh. Tenang saja, “merger” ini belum akan terjadi dalam waktu dekat.

Dikutip dari detikcom, Kamis (31/1/2019), Facebook masih dalam tahap awal rencana tersebut dan menargetkan untuk menyelesaikannya akhir tahun ini, atau di awal 2020.

Bagi yang membayangkan integrasi ini akan membuat tiga layanan menjadi satu aplikasi, hal itu tidak akan terjadi. Bagaimana pun, WhatsApp, Instagram dan Facebook Messenger akan tetap menjadi aplikasi terpisah.

Jadi, gambarannya seperti ini: setelah integrasi, misalnya pengguna WhatsApp bisa bertukar pesan dengan pemakai Instagram dan sebaliknya. Atau pengguna Facebook bisa mengirim pesan ke orang yang hanya punya WhatsApp (tidak punya Instagram dan Facebook).

Pesan yang dikirimkan diklaim aman terenkripsi. Enkripsi end-to-end melindungi pesan agar tidak bisa dibaca orang lain, kecuali mereka yang terlibat dalam percakapan.

Sementara itu, Zuckerberg bersikeras membela diri terkait tudingan mencuri data dari langkah ini. Dia berargumen, menyasar target iklan berdasarkan minat sangat berbeda dengan menjual data.

“Jika kami berkomitmen melayani setiap orang, maka kami membutuhkan layanan yang bisa terjangkau oleh semua orang. “Cara terbaik adalah menawarkan layanan secara gratis, dan iklan memungkinkan untuk itu,” kata Zuckerberg.

Sepanjang 2018 memang tahun yang berat bagi Facebook. Sederet skandal terkait isu privasi dan perlindungan data membuat Facebook dalam sorotan, sehingga setiap langkahnya semakin diwaspadai, termasuk rencana integrasi ketiga layanan miliknya.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: