Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, Headlines, News Wiranto: RI Harus Kerja Sama dengan Negara Lain Hadapi Terorisme

Wiranto: RI Harus Kerja Sama dengan Negara Lain Hadapi Terorisme

Sub Regional Meeting on Counter Terrorism /Foto: Arief Ikhsanudin-detikcom

Sketsanews.com, Jakarta – Menko Polhukam Wiranto menyebut gerakan terorisme yang berkembang. Aksi terorisme bahkan melibatkan perempuan dan anak-anak.

“Cara terorisme berkembang, bahkan di Surabaya menggunakan keluarga, perempuan dan anak. Oleh karena itu salah satu upaya bagaimana pemerintah kita bekerja sama dengan organisasi masyarakat sipil untuk tanggulangi terorisme,” ujar Wiranto kepada wartawan dalam jumpa pers pertemuan Sub Regional Meeting on Counter Terrorism di Senayan, Jakarta, seperti yang dikutip dari detikcom, Selasa (6/11/2018).

Pertemuan dihadiri menteri dan setingkat menteri dari 9 negara yakni Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Filipina, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Singapura, dan Thailand. Pertemuan membahas perlunya kerja sama penanggulangan terorisme antar negara.

“Pemerintah Indonesia pun harus bekerjasama dengan pemerintah yang lain. Terorisme tidak kenal batas negara dan undang-undang manapun, yang dipatuhi adalah undang-undangnya sendiri yang menerobos batas negara,” kata Wiranto.

Pertemuan ini akan ditindaklanjuti dengan pembentukan Jakarta Working Group pada 2019. Akan dirumuskan kerja sama negara-negara melawan terorisme.

“Hasil pertemuan akan kita tindak lanjuti pada Jakarta Working Group, yang terdiri dari pejabat senior di sembilan negara yang tugas rumuskan rencana pelaksanaan kegiatan kita bersama,” kata Wiranto.

Selain itu, perlu juga keterlibatan dari pemilik media sosial untuk membendung paham terorisme.

“Kita juga bicarakan tadi, bagaimana swasta atau pengelola media sosial dengan pemerintah bisa kerja sama untuk blok penggunaan media sosial untuk maksud-maksud negatif. Media sosial untuk kepentingan kejahatan,” kata Wiranto.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: