Sketsa News
 
Home Berita, Berita Terkini, Hankam, News Wiranto: Teroris Pakai Medsos untuk Brainwash

Wiranto: Teroris Pakai Medsos untuk Brainwash

Menko Polhukam Wiranto (Tengah).

Sketsanews.com, Jakarta – Menkopolhukam Wiranto mengatakan, media sosial seiring dengan teknologi yang terus berkembang, dimanfaatkan oleh kelompok teroris untuk melakukan ‘brainwash’ dan menyebarkan paham-paham tertentu.

Hal ini diungkapkan Wiranto dalam pertemuan Sub Regional Penanggulangan Terorisme, yang juga dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Australia, Peter Dutton di Jakarta, seperti yang dikutip dari VIVA, Selasa 6 November 2018.

“Ternyata teroris menggunakan media sosial untuk brainwash, memengaruhi, memberi pelajaran merakit bom. Itu semua lewat media sosial,” kata Wiranto.

Ancaman terorisme itu juga disebabkan oleh kekalahan kelompok ekstremis ISIS di Irak dan Suriah. Kekalahan dan hilangnya wilayah jajahan ISIS, berakibat pada kembalinya Foreign Terorist Fighters (FTF) ke negara asal mereka.

Wiranto mengatakan, Indonesia dan sejumlah negara di kawasan Asia-Pasifik berupaya untuk memberantas tindak pidana terorisme dengan penguatan kerja sama yang sudah ada. Sejumlah negara tersebut juga berupaya merancang program baru yang perlu dilakukan, sehubungan dengan peningkatan ancaman baru dengan berbagai taktik.

“Upaya yang kita buat adalah bagaimana pemerintah kita bekerja sama dengan organisasi masyarakat terorisme, untuk menanggulangi terorisme itu,”‘ ungkap Wiranto.

Menurutnya tindakan melawan terorisme itu tak hanya bisa dilakukan oleh pemerintah saja, namun juga memerlukan kerja sama dengan pihak swasta yang berkecimpung dengan masalah teknologi dan komunikasi.

“Misalnya, tadi Twitter menawarkan diri. Mereka minta supaya kita bisa sharing apa, yang bisa kita kerja samakan dengan pemerintah dalam rangka memblok situs-situs yang nyata dan hanya mengacaukan seperti hate speech, hoax, dan itu sudah teridentifikasi,” ujarnya.
(Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: