Wiranto: TNI-Polri Siap Mengamankan Jalannya Pemilu 17 April Nanti

Foto: is3timewa

Foto: istimewa

Sketsanews.com, Jakarta – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menjamin, jajaran Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) siap mengamankan jalannya pemilihan umum (pemilu) 2019 agar berlangsung kondusif.

Wiranto menyampaikan jaminan itu setelah menghadiri acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Bidang Kewaspadaan Nasional dalam rangka penyelenggaraan Pemilu 2019 di Hotel Grand Paragon, Jakarta Pusat, seperti yang dikutip dari Jpnn, Rabu (27/3).

“Sudah saya sampaikan bahwa setelah aparat keamanan siap, dengan gelar pasukan kemarin, TNI dan Polri sudah siap mengamankan masyarakat dari rumah-rumah mereka sampai ke tempat pemungutan suara (TPS),” kata Wiranto.

Selain itu, kata dia, beberapa instansi penyelenggara pemilu, siap menghadapi hajatan akbar politik di Indonesia.

KPU dan Bawaslu akan menyelesaikan segala kekurangan sebelum hari pencoblosan pemilu terutama pendistribusian surat suara.

“Kemudian penyelenggara pemilu juga sudah siap. Berdasarkan hasil checking terakhir, masih ada kekurangan sedikit, tetapi diharapkan pada saat hari H nanti sudah akan semua tercapai, terjangkau, lengkap,” tambahnya.

Dia mengatakan, pemerintah berupaya maksimal agar pemilu berjalan aman dan tepat waktu. Pemerintah sudah memantau langsung kesiapan penyelenggara pemilu di lapangan.

“Tanggung jawab tentang penyelenggaraan pemilu, aparat keamanannya, penyelenggaraannya, maupun pemerintah pusat dan daerah yang merupakan fasilitator dari penyelenggaraan pemilu ini, kami kumpulkan.

Beberapa waktu yang lalu di Indonesia timur, kemudian barat, dan sekarang tengah. Tujuannya apa? Supaya kita sudah punya kesiapan yang prima, menghadapi pemilu serentak yang baru akan kita laksanakan pertama kalinya,” pungkas dia. (Eni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: